Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapal Chords

Cara menghapal chords gitar atau chords piano dengan mudah. Namun postingan ini diperuntukkan bagi yang sudah tahu chords dasar, dengan kata lain untuk tingkat lanjutan.

Bila anda bertanya pada saya “Berapa banyak chords yang kamu tahu ?” maka saya akan menjawab “tidak tahu.”

Kenapa tidak tahu, bukankah tinggal dihitung ? Kalau anda menghapal chords / akor dengan cara melihat bentuk seperti orang lain pada umumnya, maka anda akan tahu jumlahnya. Berbeda dengan saya, saya menghapal akor dengan “rumus. “ Sehingga saya tidak tahu berapa yang saya tahu bahkan saya tidak tahu berapa banyak akor yang sekarang ada. Alasannya, akor itu bisa dibikin lagi, maksudnya masih bisa berkembang.

Jika anda bertanya “kamu tahu akor C7+11 ?” maka saya akan susun sebagai berikut akor C notasinya 1, 3, 5 tambah dominant 7 = b7 lalu tambah +11 = 4#. Maka susunannya menjadi 1, 3, 5, b7, #11. Kalau dalam gitar pegang C7 lalu not 4 (fa) naikkan 1/2 nada.

Kemudian saya balik bertanya, bagaimana cara mainkan akor C7-11 ? Mungkin anda penasaran bagaimana cara menghitungnya. Jangan dihitung ! karena akor C7-11 tidak ada. Kenapa tidak ada? Bukankah akor C7-9 dan C7-13 ada kenapa C7-11 tidak ada ?

Jika anda ingin tahu kenapa C7-11 tidak ada maka anda harus belajar teori akor. Pada kesempatan ini saya akan bahas teori itu dan cara menghapal akor agar anda tidak harus mengingat-ingat bentuk akor pada alat musik.

Ada beberapa hal yang harus anda tahu agar anda menguasai banyak akor.

Pertama : Kunci Melodi

Maksud kunci melodi ini adalah do, re, mi, fa, sol, la, si, do atau disebut juga major scale. Didalam teori akor ditulis dengan angka 1 sampai 13 atau pakai huruf C sampai B. Kita lihat pada alat musik gitar. Dibawah ini kunci melodi / tangga nada C dan G.


tangga nada C dan G pada gitar


Kunci melodi di atas wajib tahu, karena cara menerapkan akor menggunakan notasi di atas. Seharusnya hapal semua kunci melodi semua akor. Cara menghapalkannya tinggal digeser. Misalnya ingin tahu kunci melodi D, maka gunakan kunci melodi C lalu semuanya geser 1 nada (naik 1 nada). Bentuknya jangan dirubah. Nanti jika anda sudah tahu tentang kunci melodi, anda bisa saja merubah posisi melodi itu, terpenting nadanya adalah do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Selanjutnya anda perlu tahu jarak nada agar anda bisa memindahkan semua kunci melodi ke akor yang diinginkan. Di bawah ini adalah aturan jarak nada.

C – D – E - F – G – A – B – C

C – D = 1 nada

D – E = 1 nada

E – F = 1/2 nada

F – G = 1 nada

G – A = 1 nada

A – B = 1 nada

B – C = 1/2 nada

Jika anda ingin kunci melodi E dan anda hanya tahu kunci melodi C maka anda tinggal hitung, lihat susunan di atas, C ke E naik 2 nada. Maka semua not di C harus dinaikkan 2 nada. Mudah bukan ?

Kedua : Hapal Triads Chords

Triads Chords adalah chords / akor yang menjadi dasar hampir seluruh akor. Yang termasuk akor ini adalah C major = 1, 3, 5 , C minor = 1, b3, 5, C aug (+) = 1, 3, #5 dan C dim = 1, b3, b5.

Dari keempat akor di atas, yang paling banyak divariasikan adalah akor major dan minor. Ciri khas major adalah not 3 (E) sedangkan minor adalah not b3 (Eb).

Ketiga : Aturan penamaan not-not

Do = Angka 1 = Root

Re = Angka 2 = 9, major 9, minor 9, sus 2, add 9, dominant 9,

Mi = Angka 3 = ciri akor major

Fa = Angka 4 = 11, major 11, minor 11, sus 4, add 4, dominant 11

Sol = Angka 5 = power chord

La = Angka 6 = 13, major 13, minor 13, add 6 (major 6), dominant 13

Si = Angka 7 = major 7


Dominant 7 = b7

Augmented = #5

- (minus) = b artinya nada turun 1/2

+ (plus) = # artinya nada naik 1/2

Add artinya tambah


Keterangan :

Do = Angka 1 = Root

Artinya itu not dasar / akar. Contohnya akor G, maka do = G.

Re = Angka 2 = 9, major 9, minor 9, sus 2, add9, dominant 9,

Jika ada akor menggunakan angka 2 atau 9 maka itu nada re. major 9 dibentuk dari major 7 = 1, 3, 5, 7 lalu tambah 9 (re). Minor 9 dibentuk dari 1, b3, 5, b7 lalu diberi 9 (re). bedanya major 9 pakai 7 dan minor 9 pakai b7. Kemudian Sus 2 = 1, 2, 5. Add 9 dibentuk dari major 1, 3, 5 tambah (re), jadi 1, 3, 5, 9. Dominant 9 dibentuk dari dominant 7 = 1, 3, 5, b7 tambah 9 (re) jadi 1, 3, 5, b7, 9.

Mi = Angka 3 = ciri akor major

Ini untuk membedakan akor minor dan major, juga bisa membedakan scale major dan minor. Intinya jika ada angka 3 (mi) maka itu adalah major.

Fa = Angka 4 = 11, major 11, minor 11, sus 4, add 4, dominant 11

Jika ada akor menggunakan angka 4 atau 11 maka itu not fa. Major 11 dibentuk dari major 7 = 1, 3, 5, 7 lalu ditambah 9 dan 11 menjadi 1, 3, 5, 7, 9, 11 sedangkan minor 11 dibentuk dari 1, b3, 5, b7 lalu ditambah 9 dan 11, menjadi 1, b3, 5, 7, 9, 11. Sus 4 = 1, 4, 5 dan add 4 dibentuk dari major lalu diberi 4 (fa) menjadi 1, 3, 5, 4 atau sering ditulis 1, 3, 5, 11. Dominant 11 dibentuk dari dominant 7 = 1, 3, 5, b7, diberi 9 dan 11, menjadi 1, 3, 5, b7, 9, 11.

Sol = Angka 5 = power chord

Hanya power chord yang memiliki angka 5 ini. Akornya hanya 2 not yaitu 1, 5

La = Angka 6 = 13, major 13, minor 13, add 6 (major6), dominant 13

Jika menemukan angka 6 atau 13 itu adalah not la. Major 13 dibentuk dari major 7 ditambah 9, 11, dan 13 menjadi 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13. Minor 13 dibentuk dari minor 7 ditambah 9, 11, dan 13 menjadi 1, b3, 5, b7, 9, 11, 13. Lalu add 6 dibentuk dari major ditambah 6 menjadi 1, 3, 5, 6. Dominant 13 dibentuk dari Dominant 7 tambah 9, 11 dan 13. Menjadi 1, 3, 5, b7, 9, 11, 13.

Itulah ketiga hal yang harus anda tahu, hal yang lain belum terpikir oleh saya. Mungkin yang saya tulis ini tidak lengkap, maklumi saja. Tidak ada gading yang tak retak.

Dalam menerapkan notasi akor pada gitar atau alat musik lain misalnya keyboards, anda harus memperhatikan not yang pokok dan yang tidak pokok. Contoh Cminor 13 = 1, b3, 5, b7, 9, 11, 13.

Bagaimana memegang akor itu pada gitar ?

Caranya ambil yang pokok.

1 = root adalah pokok

B3 = pembentuk minor adalah pokok

5 = pembentuk akor

b7 = pembentuk akor dominant adalah pokok karena 13 dibentuk dari 7

9 = pembentuk akor

11 = pembentuk akor

13 = pembentuk akor Cm13 adalah pokok

Jadi yang tidak boleh hilang 1, b3, b7, 13, keempat ini saya sebut not-not yang pokok (istilah saya), untuk not-not yang lain kalau bisa jangan dihilangkan. Tapi kalau harus dihilangkan, hilangkan not-not yang sulit dipegang/dimainkan.

Selanjutnya saya akan coba menjawab pertanyaan di atas “Bukankah akor C7-9 dan C7-13 ada kenapa C7-11 tidak ada ?”

Akor C7-9 memang ada yaitu = 1, 3, 5, b7, b9

Akor C7-13 memang ada yaitu = 1, 3, 5, b7, b13

Tapi jika C7-11 akan menjadi 1, 3, 5, b7, 3 karena -11 (b11) = fa turun 1/2 yaitu mi = 3. Jadi untuk apa ada not 3 (mi ) ditulis 2 kali seperti ini 1, 3, 5, b7, 3.

Semoga postingan ini bermanfaat.